Hijaukan Bumi Mulai dari Rumah Sendiri


Ajak warga komplek tanam pohon.

Ajak warga komplek tanam pohon.

 

(26/4/14) Setelah sukses dengan kegiatan Fun Gathering pada 14-16 April lalu di Pulau Kabung, Panitia Hari Bumi MAPALA UNTAN yang diketuai oleh Sintia Karina Pratiwi lanjutkan agenda kedua yaitu Penanaman Pohon di Komplek Citra Permata, Kelurahan Saigon, Pontianak Timur. Berbekal 70 bibit buah sirsak, cangkul dan parang, 13 mahasiswa di Universitas Tanjungpura yang tergabung di organisasi MAPALA UNTAN ajak warga komplek untuk tanam pohon sebagai wujud peduli terhadap lingkungan dalam rangka peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April. Penanaman pohon dipilih sebagai bentuk kegiatan juga sebagai tindakan memperingati Hari Penanaman Pohon yang jatuh jumat terakhir dibulan April (25 April ditahun 2014).

Pembangunan perumahan di Kota Pontianak yang saat ini semakin masif penting untuk didukung dengan ruang hijau di lingkungan perumahan itu sendiri. Bibit pohon budidaya menjadi pilihan untuk dibagikan dan ditanam karena memiki faedah yang dirasa tepat untuk komplek perumahan, tidak hanya menghijaukan tetapi juga memiliki buah yang dapat dikonsumsi sehingga masyarakat bukan hanya melakukan penanaman tetapi juga merawat pohon hingga membuahkan hasil. Dengan ukuran maksimal pertumbuhan pohon budidaya yang salah satunya sirsak atau biasa disebut Nangka Belande bagi masyarakat Kalimantan Barat ini sangat memungkinkan sekali untuk ditanam di komplek perumahan dengan kondisi bangunan yang tak jarang berdempetan. Maka dari itu mulailah hijaukan bumi dari rumah sendiri.

Pak Muksin selaku Ketua Rukun Tetangga diwilayah RT 05/RW 06 tempat dimana penanaman dilangsungkan mengungkapkan sebelumnya belum pernah ada yang melakukan penanaman seperti ini, “kalau bisa penanaman diadakan setiap tahun dengan bibit yang beragam agar penduduk yang melihat mahasiswa menanam dan membersihkan lingkungan semakin banyak yang turut serta, sehingga timbul kesadaran masyarakat. Jika bibit pohon budidaya yang ditanam bersama beragam jenis, masyarakat akan lebih suka saat menikmati hasil” ujar beliau. 

Ketua RT 05 / RW 06 Kelurahan Saigon, Pontianak Timur.

Kegiatan sederhana yang berlangsung setengah hari ini tidak hanya melakukan penanaman pohon, membersihkan sampah serta selokan juga jadi bagian aktivitas bersama warga. Banyaknya sampah plastik yang masih dibuang sembarangan serta kurangnya animo masyarakat untuk turut serta menunjukkan perlu kerja keras bagi masyarakat peduli lingkungan dalam mempengaruhi agar semakin banyak yang peduli terhadap lingkungan guna kelangsungan hidup bumi yang lebih lama.

Lihat foto

MPA-U. 0910278/TB

Share Button