Ajak Sispala Binaan Peduli Bumi


Pembersihan jalur pendakian

Gunakan karung bekas untuk kumpulkan sampah di jalur pendakian saat penurunan dari Puncak Gunung Poteng

Setelah sebelumnya Fun Gathering, Penanaman Pohon disertai Pembagian Stiker di Komplek Perumahan, kini Camp Bumi yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Hari Bumi 2014 MAPALA UNTAN telah selesai dilaksanakan. Diikuti dua dari tujuh organisasi Siswa Pencinta Alam Sekolah Menengah Atas binaan yaitu Gempitawa Smansa Mempawah dan Orswapala Smansa Bengkayang dengan  jumlah 11 siswa peserta acara berlangsung sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilangsungkan pada 16-17 Mei 2014 ini ditangani Anggota Muda guna mengasah kemampuan mereka dalam memanajemen kegiatan untuk bekal menjadi Anggota Biasa MAPALA UNTAN.

Mengapa Camp Bumi? Berlandaskan pemikiran bahwa memang bumi merupakan tempat sementara mahluk hidup, karena sementara itu upaya menjaga bumi harus semaksimal mungkin agar tak mengurangi usia sementara dari bumi. Dengan melibatkan kalangan pelajar, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif jangka panjang dengan membuka wawasan mereka agar meningkatkan kepedulian pada pelestarian alam dan lingkungan hidup di bumi.

Acara camp bumi ini diisi dengan materi yang berkaitan dengan konservasi, games outbond dan pendakian yang disertai pembersihan jalur pendakian di Gunung Poteng yang merupakan kawasan Cagar Alam Raya – Passi Singkawang. Gunung Poteng dijadikan lokasi kegiatan karena merupakan kawasan konservasi agar siswa peserta dari Sispala dapat mengenal langsung dan mampu membedakan kawasan konservasi yang ada di Kalimantan Barat dengan tujuannya. Rabiatul Alqadawiyah satu siswa perserta dari Sispala Gempitawa Smansa Mempawah mengaku senang dengan kegiatan camp bumi karena membuka wawasan tentang mencintai alam dari materi yang diberikan. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan lagi dan diikuti oleh semua Sispala binaan MAPALA UNTAN.

Sintia Karina Pratiwi sebagai Ketua Panitia merasa cukup puas dan senang atas selesainya rangkaian kegiatan peringatan hari bumi tahun ini, walaupun masih banyak hal yang menjadi koreksi untuk kegiatan lain-lain nanti. Seluruh kegiatan terlaksana dengan baik juga tentu tak lepas dari bantuan dan kerjasama seluruh panitia dan anggota. Inilah tindakan nyata kampanye tentang pentingnya lingkungan, alam beserta isinya. Semoga dengan kegiatan sederhana ini masyarakat lebih peka dan peduli serta sadar bahwa manusia tak bisa hidup tanpa alam yang lestari.

Dengan telah berlalunya peringatan Hari Bumi 22 April dan selesainya rangkaian agenda hari bumi bukan berarti tindakan positif untuk bumi selesai, karena setiap hari kita masih beraktifitas dibumi maka dari itu lakukanlah aktifitas yang bijak dengan perilaku konservasi untuk melestarikan bumi. Salam lestari…

 (lihat foto lainnya)

MPA-U. 0910278/TB

Share Button