Kegiatan Bersama Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia


Kegiatan Bersama Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia

Kegiatan Bersama
Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia
(PKD Kalimantan Barat)

Aksi penanaman serempak yang dilakukan Mapala Perguruan Tinggi Se-Indonesia telah selesai dilangsungkan. Khususnya Kalimantan Barat yang menjadikan Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya sebagai lokasi kegiatan diikuti oleh 29 mahasiswa yang berlatar belakang dari organisasi MAPALA UNTAN, GMPA Cagar Gaspasi IKIP, Mapala Khatulistiwa BSI, Mapala Enggang Gading IAIN, MATA-UMP dan MAPA Polnep. Perjalanan ditempuh selama empat jam dengan melewati dua kali penyebrangan di Arus Deras dan Air Putih untuk tiba di desa tujuan. Belum selesai sampai disitu, perjalanan kembali dilanjutkan ke lokasi penanaman menyusuri anak sungai selama 45 menit menggunakan motor air yang merupakan alat transportasi tradisional andalan masyarakat setempat. Hutan mangrove dan nipah tepian sungai mengiringi penyusuran sungai bersama Ketua Kelompok Tani Sabuk Hijau dan beberapa warga Desa Kubu.

Selaku Ketua Kelompok Tani Sabuk Hijau, Bapak Arendi, S. Pd yang menyambut baik kegiatan ini berharap kedepannya kerjasama penanaman dapat dilaksanakan secara berkala agar pemulihan fungsi Daerah Aliran Sungai Desa Kubu dapat terus dilakukan. Hal ini dikarenakan hutan mangrove berpengaruh besar terhadap kehidupan nelayan, dimana fungsi mangrove sendiri sebagai rumah bagi biota laut sangat menunjang penghasilan warga Desa Kubu. Penanaman ini merupakan tanam sulam vegetasi hutan mangrove yang sebagian sudah mati. Lumpur yang mewarnai aksi penanaman menjadikan kerjasama antara Mahasiswa Pencinta Alam Perguruan Tinggi Kalimantan Barat dan kelompok Tani Sabuk Hijau semakin erat.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, teman-teman yang ikut serta semangat dan berantusias tinggi walaupun dengan keterbatasan kita bisa bersatu dan masyarakat setempat sangat mendukung kegiatan penanaman ini. Semoga kedepannya akan ada lagi kegiatan untuk mempererat tali silahturahmi antar Mapala Tingkat Perguruan Tinggi di Se-Kalimantan Barat. Ini juga sebagai pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya pengabdian pada masyarakat. Sekecil apapun hal yang kita lakukan semoga bermanfaat untuk Indonesia khususnya Kalimantan Barat”, ujar Nur Arifiani yang akrab disapa Luing selaku Ketua Panitia.

Ega Tiara yang merupakan koordinator Pusat Koordinasi Daerah (PKD) Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perkebunan, Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Kubu Raya, Kelompok Tani Sabuk Hijau serta warga Desa Kubu dan seluruh Mapala Tingkat Perguruan Tinggi di Kalimantan Barat khususnya Panitia Pelaksana. Ia berharap kegiatan ini bermanfaat dikemudian hari sesuai dengan tujuan kegiatan yaitu pemulihan fungsi Daerah Aliran Sungai. “Insya Allah jika kegiatan bersama ini terlaksana sebanyak 24 PKD di Indonesia maka akan dapat memecahkan rekor MURI, oleh karena itu PKD Kalbar ikut berpartisipasi untuk menyukseskan rencana bersama tersebut” tegasnya.

Seperti diketahui bersama bahwa kegiatan ini serentak dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2014 sebagai bentuk pemulihan fungsi Daerah Aliran Sungai di Indonesia yang dilakukan dalam satu waktu. Ini merupakan tindakan nyata dari hasil Temu Wicara Kenal Medan Nasional Mapala Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia di Darmapala Universitas Darussalam Ambon 20 – 27 November 2013 lalu sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah lingkungan yang dibahas.

Penulis : MPA-U. 0910278/TB

Editor   : MPA-U. 1120286/KS

Share Button